Cegah Penyakit Dimusim Pancaroba

Admin Sukamasak

Penyuka Masak, perubahan cuaca yang tidak menentu meningkatkan perpindahan kuman/bakteri/virus. Jika daya tahan tubuh kurang terjaga, kita bisa dengan mudahnya terjangkit penyakit tertentu. Mulai dari penyakit yang ringan sampai yang membutuhkan penanganan khusus.

Sering sekali penyakit seperti influenza, batuk, pilek, diare atau biduran menyerang tubuh kita. Nah, kalau sudah sakit segala aktifitas jadi terhambat. Pada artikel kali ini Suka Masak akan berbagi obat-obatan herbal yang mampu membantu menyembuhkan penyakit di atas.

•Biduran (gatal-gatal)

Belakangan ini udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Hal ini dapat memicu timbulnya penyakit biduran atau gatal-gatal bagi yang memiliki alergi terhadap cuaca dingin. Ingin meringankan gatal-gatal tersebut?Ambil 25 gram meniran dan 10 gram kayu manis. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus, kemudian taruh dalam gelas ukuran biasa dan seduh dengan air panas. Tunggu sampai hangat, lalu minum. Konsumsi terus minuman ini 2 kali sehari pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

•Diare

Kuman yang berpindah secara cepat karena udara yang lembap sering kali menempel di makanan yang tidak disimpan dengan baik. Inilah pemicu diare. Jangan anggap diare sebagai penyakit enteng, karena jika tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan dehidrasi. Jika dehidrasinya sudah parah, bisa menyebabkan kematian.Daun jambu biji sudah terkenal khasiatnya sebagai obat diare. Lalu bagaimana mengolahnya? Ambil daun jambu biji sebanyak 30 gram. Kemudian rebus dengan air sebanyak 400 cc. Rebus hingga air tersisa setengahnya atau 200 cc. Minum selagi hangat, jangan tambahkan gula ya! Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari hingga diare benar-benar reda.

•Influenza

Flu atau influenza kerap menyerang daya tahan tubuh yang lemah. Flu merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu kegiatan karena tubuh akan terasa demam, nyeri pada otot, batuk, hingga sakit kepala. Banyak yang bilang, obat influenza hanya satu, yaitu istirahat.Selain istirahat, tidak ada salahnya bila minum ramuan herbal yang mampu meringankan flu. Gunakan saja Lemon! Sari lemon yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Peras 1/2 buah lemon, kemudian campur dengan segelas air hangat. Tambahkan satu sendok teh madu agar rasanya tidak terlalu asam. Selain itu, madu juga dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh (cek selengkapnya manfaat madu di artikel berikut http://sukamasak.com/artikel-tips/2012/10/manfaat-madu-bagi-kesehatan). Minum larutan ini dua kali sehari.

•Batuk pilek

Seringkali batuk disebabkan karena tidak menjaga makanan yang dikonsumsi. Namun, tidak jarang juga yang disebabkan karena tertular virus. Jika kita sedang batuk, sangat tidak nyaman sekali. Tenggorokan akan gatal tak kenal waktu. Batuk sering kali diiringi dengan pilek. Ini dia penyakit sepele namun sangat mengganggu.

Tenang saja, Penyuka Masak. Ada obat alami yang bisa mengatasi batuk pilek. Parut halus seruas jahe dan seruas kencur, lalu beri air panas. Kemudian saring. Air saringannya tersebut campur dengan madu. Minum selagi masih hangat.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar