Sajian untuk Tamu Tak Terduga

Admin Sukamasak

Penyuka Masak pasti pernah dong dikunjungi oleh tamu secara mendadak. Tidak ada persiapan, apalagi memasak untuk menjamu. Pastinya saat itu bingung ingin menyajikan apa. Ternyata, ada beberapa item makanan yang dapat disajikan pada saat genting seperti itu. Sebagai tuan rumah yang baik, pasti ingin menjamu tamunya dengan sempurna. Jika pada lain hari, Penyuka Masak mendapatkan kunjungan mendadak dari saudara, teman kerja, atau tetangga, jangan ragu untuk menjamu mereka dengan bantuan item berikut ini.

1. Es batu

Pasti anda memiliki persediaan beberapa buah es batu di kulkas. Siapa yang tidak suka disuguhi dengan minuman dingin yang menyegarkan tenggorokan? Sajikan minuman sirup ataupun teh lemon dingin dengan tambahan es batu dan minuman bersoda seperti Root Beer untuk menambah kesegaran, jika ada. Mudah dibuat dan pastinya akan sangat dinikmati oleh tamu. Namun, jika ada lansia atau anak balita yang ikut bertamu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah mereka ingin minum dingin atau tidak.

2. Teh

Mudah disajikan dan hampir setiap dapur menyediakan stok teh. Siapa saja pasti suka dengan teh manis. Sajikan teh dingin ataupun hangat dengan perasan jeruk nipis yang akan menambah kesegaran. Pas sekali untuk melepas dahaga. Jika punya buah kalengan, tambahkan saja buah tersebut kedalam teh. Teh buatan anda akan terlihat lebih menggiurkan.

3. Platter

Stok kentang goreng, sosis, dan nugget di kulkas dapat anda sulap menjadi platter (berbagai sajian dalam satu piring besar). Tata makanan tersebut dalam satu piring besar. Tambahkan garnish tomat dan parsley, jika ada. Jangan lupa, saus tomat, saus tomat, dan mayones. Voila! Jadilah menu sederhana yang akan disukai tamu. Jika memungkinkan, Penyuka Masak juga bisa membuat seafood platter. Kerang rebus, cumi bakar, kentang dan bayam rebus disajikan dalam satu piring. Sisipkan juga potongan lemon!

4. Makanan ringan

Snack seperti wafer, keripik, atau biskuit dapat disajikan juga untuk tamu mendadak. Jadi, jika Penyuka Masak belanja bulanan, jangan lupa untuk membeli item-item ini sebagai suguhan cemilan untuk tamu. Pada saat penyajian taruh dalam toples atau wadah kedap udara yang cantik. Jangan keluarkan semua snack yang anda punya, hidangkan secukupnya. Jika habis, maka masih ada stok yang bisa anda sajikan kembali.

5. Penganan manis

Siapa yang bisa menolak godaan dari coklat, kukis, atau es krim? Baik anak-anak maupun dewasa pasti akan sangat senang jika disajikan hidangan ini. Terkadang, seorang tamu tidak hanya datang untuk urusan yang penting. Kadang, mereka hanya ingin berbagi cerita dan mencari kenyamanan. Tidak ada yang menawarkan kenyamanan lebih selain semangkuk es krim :)

6. Kopi

Kopi akan menghangatkan suasana. Siapkanlah kopi, terutama jika tamu yang akan datang adalah sekumpulan teman suami anda. Mereka pasti akan menunggu-nunggu kapan anda akan menyajikan kopi. Untuk tamu wanita, anda bisa menawarkan kopi dingin.

7. Permen

Bentuknya memang kecil tapi percayalah bahwa permen sangat disukai oleh orang-orang. Sajikan permen dengan berbagai pilihan rasa buah atau permen coklat. Permen juga bisa mengatasi kegugupan anda ketika dikunjungi tamu tak terduga.

Itulah beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa anda sajikan untuk tamu tak terduga. Jika tidak punya stok makanan tersebut, anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko atau mini market terdekat. Tidak perlu bingung lagi deh saat kedatangan tamu tak terduga.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar