Buka Puasa Sehat Ala Suka Masak

Admin Sukamasak

Menjalani ibadah Puasa selama bulan Ramadhan memang banyak sekali tantangan dan godaannya. Setelah seharian menahan haus dan lapar, terbesit dipikiran kita untuk menyantap  minuman yang segar atau makanan yang lezat pada saat berbuka. Biasanya, banyak dari kita yang berbuka dengan minuman atau makanan yang asal-asalan atau kata lainnya enak tapi tidak bergizi, yang justru malah membuat kondisi tubuh menurun. 

Supaya tetap fit selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kita rutin mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini :

  • Beras Merah

Sangat disarankan untuk mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah. Karena nasi merah memiliki serat yang tinggi dan lebih rendah kandungan gulanya dibanding nasi putih. Mengkonsumsi nasi merah akan membuat rasa kenyang lebih lama dan mampu mengontrol kadar gula. Nasi merah baik dikonsumsi untuk buka puasa ataupun sahur. Untuk mengolahnya, Penyuka Masak bisa menghidangkannya dalam hidangan nasi goreng merah.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijaun sangat dibutuhkan untuk menyuplai vitamin dan serat ke dalam tubuh. Struktur sayuran berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh, sehingga organ pencernaan tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Sayuran berdaun hijau tersebut bisa berupa sayur bayam, brokoli, sawi, selada atau buncis.

  • Oat

Jika  tidak mengkonsumsi nasi putih atau nasi merah, bukan berarti Anda tidak memiliki asupan karbohidrat. Anda bisa mengkonsumsi oat sebagai pengganti nasi, karena oat memiliki unsur karbohidrat setara dengan nasi. Oat sangat mudah dicerna, selain itu memiliki serat yang tinggi. Menyajikan oat dengan beberapa potongan buah di atasnya  berarti kita telah mendapatkan asupan serat dan vitamin secara bersamaan.

  • Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang wajib di saat puasa, bahkan di hari-hari biasa sekalipun. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat memberikan rasa segar bagi tubuh kita setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Menghidangkan buah-buahan dalam bentuk salad tentunya sangat menggugah selera.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein tinggi yang mudah dicerna, sehingga tidak membuat organ pencernaan bekerja terlalu keras. Salah satu hidangan sehat kacang-kacang adalah sup kacang merah.

Nah ternyata tidak sulitkan untuk tetap menjaga kesehatan selama bulan puasa ^^

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar