Ini Dia Tips Membuat Dim Sum Lezat Ala Suka Masak Untuk Rayakan Imlek

Admin Sukamasak

Dim Sum (dalam dialek Cantonese) Dianxin (dalam bahasa Mandarin) secara harafiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hati. Kemudian secara umum digunakan sebagai istilah untuk menyebut cemilan ringan. Dari dulu Dim Sum ini paling sering dinikmati sambil minum teh dikedai-kedai kecil sore hari.

Sejak abad 10 telah dikenal sekitar 2000 jenis macam Dim Sum. Di masa sekarang sebuah restoran besar Dim Sum biasanya menyajikan sekitar 100 jenis Dim Sum. Beberapa jenis Dim Sum yang sudah tidak asing diantaranya Dim SumHar Gow/Harkau, Shaomai (Siomay), Char Siu Baau, Mantou, Phoenix Claw, Spare Ribs, dan masih banyak lainnya.


sumber: wordpress

Kali ini Suka Masak tidak hanya akan berbagi tentang sejarah Dim Sum tapi juga tips membuat Dim Sum sederhana khususnya Dim Sum Har Gow atau Harkau yang enak dan bisa disajikan saat merayakan Imlek maupun untuk cemilan sehari-hari.

Pertama Penyuka Masak harus menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Dim Sum Harkau yang bagus adalah yang bagian kulitnya translucent atau tembus cahaya sehingga isi didalamnya terlihat, untuk menghasilkan kulit Dim Sum yang translucent Penyuka Masak harus menggunakan Tepung Ten Mien yang memang khusus untuk membuat Dim Sum dan campur sedikit dengan tepung sagu. Bisa saja Penyuka Masak menggunakan tepung terigu tapi hasilnya tentu tidak secantik dengan Dim Sum yang biasa ada di restoran masakan China.

Isian Dim Sum Harkau biasanya menggunakan udang dan beberapa sayuran atau jamur. Sebelum semua isian dicampur pastikan semua bahan kering tidak banyak mengandung air karena dapat menyebabkan kulit Dim Sum mudah rusak. Sebelum memasukkan bahan isian ke dalam kulit, gunakan saringan kawat untuk meniriskan airnya.


sumber: cookingweekends

Nah, sekarang kita masuk ke tahap melipat Dim Sum yang sepertinya terlihat sulit tapi wajar saja kalau baru pertama kali mencoba. Setelah adonan kulit sudah dipipihkan dan berbentuk lingkaran letakkan isian ditengah kulit lalu lipat dan rekatkan kedua sisi kulit, tekan perlahan. Kalau Penyuka Masak mau membuat lipatan bertumpuk, setelah diisi buat gelombang atau lipatan bertumpuk pada satu sisi kulit lalu rekatkan satu sisi yang lain dan tekan perlahan-lahan.

Saat akan memasaknya Penyuka Masak bisa menggunakan kukusan khusus yang terbuat dari bamboo atau menggunakan dandang atau kukusan biasa. Sebelum Dim Sum dimasukkan alasi dulu kukusan dengan kertas baking/kertas roti, kalau tidak ada bisa ganti dengan daun sawi. Hal ini berguna untuk mencegah kulit Dim Sum yang lengket menempel dan rusak. Masukkan Dim Sum beri jarak antar Dim Sum, kukus kurang lebih selama 10 menit. Saat baru matang Dim Sum Harkau ini tidak telalu terlihat translucent namun ketika sudah menghangat kulit akan berubah sendirinya menjadi translucent.


sumber: candicescuscina

Selain dikukus Dim Sum juga bisa digoreng agar bisa mendapatkan sensasi crispy yang berbeda saat memakannya. Untuk menggoreng Dim Sum gunakanlah teflon atau panci dengan dasar yang rata dan anti lengket karena kulit Dim Sum sangat mudah menempel. Siapkan Filma Minyak Goreng, tuang sampai sepertiga teflon atau panci, dan panaskan minyak. Masukkan Dim Sum satu persatu dengan hati-hati dan jangan terlalu penuh. Gunakanlah api sedang agar tidak cepat gosong di satu sisi saja. Goreng selama 2-3 menit sampai Dim Sum berubah keemasan. Angkat dan tiriskan.

Santaplah saat masih hangat dan agar lebih mantap sediakan saus asam manis, mayonnaise, atau kecap asin. Sediakan secangkir teh hijau hangat, lengkap sudah persiapan menyantap Dim Sum Harkau bersama keluarga.

(Sumber foto utama: thebestquest)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar