Cara Jitu Siapkan Santap Sahurmu

Admin Sukamasak

Bulan Ramadhan telah tiba. Salah satu hal yang berbeda di bulan penuh berkah ini adalah kesibukan menyiapkan santapan untuk sahur dan berbuka. Menyajikan hidangan untuk sahur memiliki tantangan tersendiri, khususnya bagi para ibu. Sebab makanan yang disajikan tak hanya harus siap dalam waktu singkat, tapi juga harus cukup kandungan gizinya untuk kebutuhan berpuasa setiap hari.

Saat puasa, tubuh cenderung memiliki cadangan energi yang lebih sedikit dari biasanya. Padahal, Penyuka Masak dituntut untuk terus beraktivitas seperti biasa. Pastikan produktivitas tetap terjaga, meski sedang menjalankan ibadah puasa. Kunci utama dalam menyiapkan tubuh agar tetap berenergi selama puasa adalah asupan makanan yang tepat saat sahur. Sebab hanya saat sahur tubuh menerima asupan nutrisi untuk beraktivitas selama sehari.

Ada sebagian orang tidak terlalu mementingkan menu sahur. Padahal, memilih makanan yang tepat untuk sahur bisa menghindarkan Penyuka Masak dari lemas dan lesu selama puasa.
Berikut kiat-kiat siapkan santap sahur yang tepat untuk Penyuka Masak coba:

1.Makanan Praktis Dengan Gizi Seimbang

Source: riceandbread.com


Waktu yang dimiliki untuk menyiapkan sahur relatif terbatas. Karena itu, banyak orang yang hanya menyajikan hidangan sekadarnya, hanya untuk mengisi perut, atau bahkan melewatkan sahur karena tidak sempat menyiapkan makanan.

Padahal, menyiapkan santapan dengan gizi seimbang namun tetap praktis bukan hal yang mustahil. Penyuka Masak bisa menyiapkan makanan seperti oatmeal dengan potongan buah, nasi goreng dengan ayam dan sayuran, mie goreng dengan sayuran dan daging, atau sandwich gandum dengan isian daging atau ikan, telur dan sayuran.

2.Satu Menu Untuk Berbuka dan Sahur

Source: homefoodsafety.org


Saat membuat hidangan untuk berbuka, sebaiknya pilih menu makanan yang bisa tahan lama, supaya Penyuka Masak bisa menyajikannya lagi untuk sahur. Masaklah dengan porsi lebih banyak, lalu masukkan ke dalam kulkas, dan hangatkan saat sahur. Sebaiknya saat akan menyimpan makanan, pastikan makanan tersebut telah Anda hangatkan terlebih dahulu agar tidak cepat basi, terutama untuk makanan berkuah. Pilihan hidangan berbuka yang bisa tetap lezat disantap saat sahur di antaranya tempe bacem, rendang, oseng daging dan rawon. Penyuka Masak juga bisa mencoba memasak sayur godog betawi. Namun untuk menghindari makanan cepat basi, sebaiknya santan dimasukkan saat akan dihidangkan.

3.Stok Makanan Tahan Lama

Source: Resep Kunci Mas – Tabloid Koki


Selain dengan menyajikan satu menu untuk hidangan berbuka dan sahur, Penyuka Masak juga bisa menyimpan stok makanan yang bisa bertahan selama beberapa hari hingga satu minggu. Dengan simpanan makanan seperti kering tempe, kering kentang, dendeng, serundeng, dan abon, Penyuka Masak bisa memanfaatkannya sebagai variasi untuk tambahan lauk.

4.Sajikan Makanan Dengan Karbohidrat Kompleks

Source: firstdaydiet.altervista.org


Salah satu trik jitu menyimpan energi untuk berpuasa selama sehari adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan seperti ini bisa dicerna oleh tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama, dan membuat Penyuka Masak merasa kenyang kebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks juga mampu menyerap air lebih efisien, sehingga membantu mencegah dehidrasi.

Contoh makanan dengan karbohidrat kompleks yang bisa menjadi pilihan Anda misalnya seperti oatmeal, roti gandum dioles dengan Filma Margarin, biji-bijian seperti gandum, beras merah dan barley, serta sayuran seperti brokoli, kol, kentang, asparagus, wortel, dan terong.

5.Menyiapkan Bumbu Dasar

Source: buahatiku.com


Jika Penyuka Masak sedang ada waktu senggang, sebaiknya manfaatkan untuk membuat bumbu-bumbu dasar yang bisa Anda gunakan untuk memasak berbagai makanan. Dengan menyiapkan bumbu dasar buatan sendiri, Penyuka Masak bisa menghindari menggunakan bumbu masak instan, dan menghemat waktu dalam memasak. Ada beberapa bumbu dasar yang bisa Penyuka Masak siapkan, yaitu:

-Bumbu Dasar Merah, yang bisa Anda gunakan untuk membuat masakan seperti nasi goreng, sambal goreng, masakan balado, dan sebagainya. Bumbu ini terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, tomat, terasi, gula, garam, dan minyak goreng.
-Bumbu Dasar Putih, untuk masakan seperti mie, capcay, sop, dan lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bumbu ini yaitu bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, lengkuas, garam, gula, dan minyak goreng.
-Bumbu Dasar Kuning, untuk memasak makanan seperti soto, ayam ungkep, dan pesmol. Bahan dasarnya sama seperti bumbu putih, yang ditambahkan kunyit, lada, serta jahe.


Lakukan tips-tips ini supaya Penyuka Masak dan keluarga bisa lebih segar dan bugar, walaupun sedang berpuasa.Dengan cara ini, Anda tidak perlu terburu-buru menyajikan santapan untuk sahur. Selain itu, Penyuka Masak juga tidak lagi melewatkan sahur dengan alasan tidak sempat menyiapkan makanan. Sahur tepat, tubuh pun sehat. Selamat mencoba!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar