Menu Sahur Praktis Dan Bergizi, Pembangkit Semangat

Admin Sukamasak

Saat berpuasa, seringkali orang melewatkan sahur. Salah satu alasannya adalah karena tidak sempat menyiapkan makanan. Banyak juga orang yang sahur dengan makanan alakadarnya hanya untuk sekedar mengisi perut, tanpa memerhatikan nutrisi makanan. Hal ini menyebabkan kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya tidak terpenuhi.

Biasanya saat tidak berpuasa, tubuh menerima asupan nutrisi dengan makan tiga kali sehari untuk menjadi sumber energi. Namun saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam rentang waktu yang cukup lama. Jika tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi saat sahur, Penyuka Masak akan menjadi lemas dan kurang fokus saat beraktivitas seharian.

 Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah makanan-makanan yang praktis untuk disiapkan saat sahur. Penyuka Masak bisa mencoba beberapa pilihan makanan praktis berikut ini:



1.Nasi Goreng

Copyright FILMA


Nasi goreng adalah salah satu makanan yang bisa disiapkan dengan cepat dan mudah. Hanya dengan mencampur nasi dan bumbu, lalu masak selama beberapa menit, nasi goreng pun siap disantap. Makanan ini cocok untuk Penyuka Masak yang ingin menu praktis sekaligus mengenyangkan saat sahur.

Jika sempat, siapkan bumbu nasi goreng buatan sendiri dari malam sebelumnya, supaya Penyuka Masak bisa mengurangi pemakaian bumbu instan. Kombinasikan nasi goreng dengan bahan pelengkap seperti daging, telur, dan sayuran, agar kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi.
Yuk coba resep nasi goreng hongkong.

Untuk makanan yang digoreng, gunakan minyak goreng dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Sukamasak sangat merekomendasikan Filma Minyak Goreng yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin D yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menghancurkan bakteri dan virus dalam tubuh. Selain itu, Filma Minyak Goreng juga mengandung vitamin E dengan anti oksidan alami yang mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas.


2.Oatmeal

Source: pixabay


Ketika sahur biasanya mood dan tubuh agak sulit mencerna makanan yang terlalu berat. Karena itu harus lebih cermat memilih makanan dengan kandungan gizi yang tinggi, namun cukup ringan untuk dicerna dan mudah disantap saat sahur.

Oatmeal termasuk makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat Penyuka Masak merasa kenyang dan berenergi lebih lama. Hal ini disebabkan karena karbohidrat kompleks di dalam oat diserap dan dilepaskan menjadi energi secara perlahan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada oatmeal bisa membantu menyehatkan pencernaan Anda. Jika suka, Penyuka Masak bisa menambahkan madu atau buah-buahan seperti pisang, strawberry, dan kismis untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda.

3.Tumis Sayuran

Copyright FilmaClub

Tumis sayuran juga bisa menjadi pilihan menu yang cepat dan sehat untuk menu sahur Penyuka Masak. Makanan ini mudah dibuat dan sangat cocok disantap saat sahur, karena sayuran mengandung banyak vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayuran juga mengandung serat dan air yang bisa menyehatkan pencernaan serta menjaga agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

 Pilihlah sayuran seperti wortel, kangkung, kacang panjang, dan brokoli untuk menu tumis sayur Anda. Sebagai variasi, Penyuka Masak bisa menambahkan telur, daging, bakso, atau jamur pada tumis sayuran Anda, seperti pada resep Tumis Sayur Ala Filma.


4.Roti Gandum

Copyright FILMA


Menu sahur praktis lainnya yang bisa jadi pilihan Penyuka Masak adalah roti gandum. Sama seperti oatmeal, roti gandum mengandung karbohidrat kompleks dan kaya akan serat, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan kadar glukosa dalam darah akan tetap stabil. Selain itu, roti gandum juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk metabolisme tubuh.

Penyuka Masak bisa mengolesi roti gandum dengan Filma Margarine, atau mengkombinasikannya dengan telur, selai kacang, daging asap, tuna, atau buah pisang sebagai pelengkapnya.

Dengan makanan-makanan di atas, Penyuka Masak bisa menyiapkan santapan sahur dengan cepat dan praktis. Selain itu, kebutuhan nutrisi tubuh juga terpenuhi. Jadi, Penyuka Masak bisa tetap berenergi meski sedang puasa. Selamat berpuasa, Penyuka Masak. 

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar