Memanfaatkan Makanan Sisa Lebaran

Admin Sukamasak

Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya umat Muslim merayakannya dengan saling mengunjungi keluarga, sambil menikmati berbagai hidangan khas Lebaran. Mulai dari kue-kue kering seperti kaastengel, nastar, putri salju, lidah kucing, hingga makanan berat seperti opor ayam, rendang, gulai, dan ketupat. Hidangan ini biasanya dibuat dalam porsi besar, untuk menjamu saudara-saudara yang akan datang bersilaturahmi saat Hari Raya.


Namun kendala yang sering muncul setelah perayaan Lebaran usai adalah hidangan yang tidak habis termakan. Makanan seperti opor dan rendang masih bisa dihangatkan, namun Penyuka Masak pasti akan bosan jika mengonsumsi makanan yang sama terus menerus. Sebaiknya Penyuka Masak jangan buru-buru membuangnya, sebab sisa makanan tersebut masih bisa didaur ulang menjadi hidangan baru yang menggugah selera. Berikut beberapa tips yang bisa Penyuka Masak lakukan untuk menyulap makanan sisa Lebaran:


1.Olahan Daging

Makanan khas Lebaran yang menggunakan daging ayam sebagai bahan bakunya antara lain opor, gulai, dan rendang. Untuk mengolah kembali makanan yang terbuat dari daging ayam, Penyuka Masak bisa menggorengnya terlebih dahulu, kemudian disuwir kecil-kecil.
Suwiran daging ayam ini bisa diolah kembali menjadi balado ayam suwir, atau bisa juga dijadikan sebagai pelengkap sup, soto, bubur ayam, atau campuran nasi goreng.

Sementara untuk makanan berbahan daging sapi seperti rendang, Penyuka Masak bisa mengolahnya kembali menjadi isian risoles atau panada. Jika Penyuka Masak ingin sajian yang lebih berbeda, suwiran daging rendang juga bisa dijadikan isian sandwich rendang yang lezat. Penyuka Masak hanya perlu siapkan roti tawar dan isian sandwich lainnya sesuai selera. Panaskan roti di atas teflon yang telah diolesi Filma Margarin, taruh suwiran rendang di atas roti, tambahkan isian sandwich lainnya sesuai selera, lalu tutup dengan roti tawar lainnya.

2.Bumbu Rendang

Source: rendangdaging


Seringkali rendang yang disajikan saat Lebaran hanya bersisa bumbunya saja, sementara dagingnya sudah habis. Bumbu rendang yang lezat ini tentu saja masih bisa Penyuka Masak manfaatkan untuk hidangan lainnya. Salah satu hidangan yang bisa dimasak menggunakan bumbu rendang adalah nasi goreng. Cukup dengan panaskan bumbu rendang, lalu tambahkan nasi putih. Selain itu, Penyuka Masak bisa juga mengganti daging rendang yang telah habis dengan tahu, tempe, kentang, ayam, usus, atau paru.

3.Hidangan Dengan Telur

Source: wikipedia


Telur rebus juga sering dijadikan bahan pelengkap gulai, opor, rendang, dan lainnya. Jika ada sisa telur rebus dari hidangan tersebut, Penyuka Masak bisa mengolahnya kembali menjadi pelengkap hidangan soto atau bubur ayam. Selain itu, Penyuka Masak penggemar kuliner pedas juga bisa ‘mendaur ulang’ telur rebus menjadi sambal goreng telur. Sebelum diolah kembali, cucilah telur rebus terlebih dahulu agar bumbu semur atau opor hilang dari permukaan telur. Kemudian goreng telur menggunakan Filma Minyak Goreng, baru dimasak dengan bumbu sambal goreng.


4.Sisa Es Buah Atau Sirup

Source: resepmasakansederhana


Tak hanya makanan saja, minuman seperti sirup, softdrink, dan es buah yang sering disajikan untuk keluarga yang berkunjung saat Lebaran juga sering bersisa. Namun jangan khawatir, Penyuka Masak juga bisa ‘mendaur ulang’ minuman sisa ini dengan cara yang mudah. Siapkan plastik-plastik kecil, masukkan sisa minuman tersebut ke dalamnya, lalu simpan di freezer hingga membeku. Penyuka Masak pun bisa menikmatinya kembali sebagai es mambo yang lezat dan segar.

Demikian tips-tips mendaur ulang makanan dan minuman sisa perayaan Lebaran yang sayang untuk dibuang. Jika sisa-sisa hidangan tersebut masih memenuhi kulkas Penyuka Masak, segera lakukan tips-tips di atas untuk mengolahnya kembali menjadi hidangan baru yang tak kalah lezatnya. Selamat mencoba!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar