Etiket Menyantap Hidangan Prasmanan ala Sukamasak

Admin Sukamasak

Suka bingung dan jengkel ketika makan ala prasmanan karena ramai dan terlalu banyak pilihan? Atau sering kalap sampai kembung karena terlalu banyak makan? Tidak perlu khawatir, Penyuka Masak bisa coba trik-trik berikut ini supaya makan prasmanan tak lagi menyebalkan.

Observasi Sebelum Dipersilahkan Untuk Makan

 

Sumber: pinterest

Observasi yang dimaksud adalah, mengitari area hidangan sambil bersosialisasi dengan para tamu. Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari tahu makanan apa saja yang tersedia dan tentunya untuk memilih makanan yang lebih dulu di santap. Dengan melakukan ini, Penyuka Masak tidak perlu bingung lagi mencari-cari lokasi makanan yang diinginkan tapi ingat jangan diambil dulu sebelum diizinkan.

Pilih Makanan Yang Tepat Dengan Porsi Yang Benar

 

Sumber: pixabay

Pilihan hidangan prasmanan memang sangat banyak makanya sering membuat kalap dan berakibat perut kembung. Maka dari itu, Penyuka Masak harus pilih makanan yang tepat sejak pertama kali makan. Pertama, ambil makanan ringan dengan rasa gurih atau asin sebagai pembuka, seperti macaroni schotel, martabak, bakso, atau sup. Untuk makanan pembuka ini jangan ambil dalam porsi banyak. Kedua, baru kita nikmati hidangan yang berat seperti daging-dagingan dan porsinya juga lebih sedikit dari biasanya kita makan dirumah. Ketiga adalah makanan penutup, biasanya disediakan salad sayuran, buah-buahan, pudding, dan kue. Ambil satu piring yang disediakan dan masukkan satu per satu hidangan penutup yang diinginkan ke dalam piring. Dengan cara ini, perut Penyuka Masak masih bisa menampung beberapa makanan lagi bila ingin.

Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

 

Sumber: pixabay

Makanan yang paling membuat kenyang adalah yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan pasta. Di Indonesia, nasi sudah menjadi syarat wajib saat pesta tapi bukan berarti kita harus memakannya. Jika, Penyuka Masak ingin bisa puas mencicipi semua hidangan sebaiknya hindari nasi atau ambil 3 – 4 sendok makan nasi saja. Lebih baik isi piring dengan lauk kesukaan. Jika ada hidangan pasta seperti macharoni, spaghetti, dan lain-lain ambil dalam porsi kecil yang kira-kira tidak akan terlalu membuat kenyang. Sayangkan kalau tidak bisa menikmati makanan lainnya karena sudah terlalu kenyang.

Hindari Minum Terlalu Sering

 

Sumber: google

Banyak minum juga menjadi factor yang membuat cepat kenyang karena perut berisi air semua. Saat makan prasmanan, kurangi minum terutama minumas manis seperti jus dan soda karena efek kenyangnya berkali-kali lipat dari air minum biasa. Kalau ingin minuman manis bisa diambil ketika merasa sudah puas makan.

Makanlah Dengan Santai

 

Sumber: dailymail

Menyantap hidangan prasmanan biasanya dalam keadaan ramai dan sambil berdiri karena ketersediaan kursi yang terbatas. Makanya jika sudah mulai makan satu hidangan, kunyah dan telan perlahan, semakin halus makanan yang masuk ke dalam lambung, kenyangnya pun semakin lama. Jangan takut kehabisan karena porsi pasti disediakan dalam jumlah banyak.

Jangan Berhenti Di Satu Tempat

 

Sumber: pixabay

Pada beberapa acara pesta yang cukup besar, meja-meja makanan diletakkan berpencaran agar orang tidak menumpuk dan berdesakan demi kenyamanan semua tamu. Nah, Penyuka Masak yang juga sebagai tamu jangan ragu untuk jalan-jalan mengunjungi stand makanan lainnya untuk mencicipinya. Kalau hanya berhenti di satu stand makanan saja pasti akan rugi kalau ada makanan lainnya yang lebih lezat dan belum pernah dicoba.

Selain beberapa trik supaya bisa makan dengan puas ketika menikmati hidangan prasmanan, Penyuka Masak juga harus tahu etika ketika menikmatinya agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain dan tidak di cap jelek. Apa saja itu etika ketika makan prasmanan? Ini dia:

 

Sumber: huffingtonpost

  1. Tidak mengambil makanan sebelum dipersilahkan oleh tuan rumah yang menyelenggarakan acara.
  2. Tidak menyelak ketika antri mengambil makanan apalagi sampai mendorong-dorong orang di depannya.
  3. Tidak mengambil makanan menggunakan tangan, gunakan sendok atau alat yang sudah disediakan.
  4. Jangan terlalu lama dalam mengambil makanan sehingga yang mengantri di belakang tidak menunggu terlalu lama
  5. Ambilah porsi makanan yang masuk akal, jangan sampai terlihat seperti orang yang rakus.
  6. Jangan bersin ketika sedang mengantri makanan, karena akan dirasa kotor oleh tamu lainnya.

Kini Penyuka Masak sudah tahu bagaimana cara makan nyaman dan etika saat menyantap hidangan prasmanan. Jadi tidak perlu bingung lagi kalau melihat makanan yang banyak karena bisa dinikmati semua tanpa membuat perut kembung. Punya pengalaman seru ketika menyantap hidangan prasmanan? Yuk, share di sini!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar