Benarkah Meniup Makanan Dan Minuman Panas Berbahaya?

Admin Sukamasak

Apa yang Penyuka Masak lakukan ketika berhadapan dengan makanan dan minuman panas? Kalau tidak ada kipas pasti kita akan langsung meniupnya supaya bisa lebih cepat dinikmati. Tahukah Penyuka Masak? Meniup makanan dan minuman panas langsung dari mulut tidaklah baik untuk kesehatan kita. Ini dia alasannya:

1. Meniup Makanan Dan Minuman Panas Akan Membentuk Asam Karbonat

 

Jika kita meniup minuman panas dengan nmulut yang menghasilkan Karbondioksida dan bersentuhan dengan air panas maka akan menghasilkan senyawa Asam Karbonat. Senyawa ini sebenarnya sudah ada dalam darah namun bila berlebihan akan mengganggu kesehatan. Walau memang efeknya tidak banyak, bukankan lebih baik mencegah?

2. Resiko Perpindahan Bakteri Dan Berbagai Penyakit Menular

Biasanya seorang Ibu akan meniup makanan anaknya jika masih panas. Kebiasaan ini cukup beresiko karena bisa terjadi perpindahan bakteri H. Pylori. Bakteri ini menyebabkan gangguan lambung mulai dari luka kecil hingga membesar menjadi tukak lambung. Selain H. Pylori, meniup makanan dan minuman juga bisa menjadi media menularkan penyakit menular.


3. Kotoran Di Mulut

 

Mulut adalah tempat mengunyah berbagai jenis makanan dan pastinya ada sisa-sisa kotoran halus yang tertinggal dimulut tanpa disadari. Ketika meniup makanan dan minuman pasti ada ratusan kotoran halus yang keluar dari mulut dan berpindah ke makanan. Penyuka Masak pasti tidak mau kan, mengonsumsi makanan yang penuh kotoran mulut? Makanya mulai sekarang hilangkan kebiasaan meniup makanan dan minuman panas.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar