5 JENIS CREAM BERDASARKAN KANDUNGAN LEMAKNYA

Admin Sukamasak

Cream apa saja yang Penyuka Masak ketahui? Jenis cream yang sering kita dengar diantaranya adalah fresh cream, whipping cream, sour cream, cream cheese, dan thick cream atau krim kental. Apakah perbedaan dar kelima jenis krim tersebut?

1. Fresh cream (krim cair)

 

Disebut juga single cream (Inggris), light cream (Amerika) dan crème fraische (Prancis). Kandungan lemaknya sangat rendah yaitu 15-18%, karena itu jika dikocok tidak akan mengembang dan kaku. Krim kue ini biasanya digunakan sebagai campuran sereal, minuman kopi, atau sebagai campuran dalam kuah sup dan bahan kue. Tersedia juga cream half and half, yang merupakan campuran antara krim dan susu dengan kandungan lemak antara 10,5-18%. Fungsinya sama dengan krim cair.

2. Thick cream (krim kental)

 

Krim kue dengan kadar lemak di atas 36-48%. Di pasaran tersedia dengan berbagai nama yaitu double/heavy cream (Inggris), thick cream (Amerika). Warnanya putih bersih dengan tekstur yang lebih kental dari susu cair. Umumnya digunakan sebagai campuran dalam sup, saus, minuman, dessert maupun ganache. Bila dikocok sampai kaku, disebut whipped cream. Dijual dalam kemasan tetra pack, dengan kemasan kecil 200 ml dan kemasan besar 1 liter. Tersedia di pasar swalayan besar bagian dairy/cold storage atau toko bahan kue. Simpan dalam lemari pendingin dengan tertutup rapat, agar lebih tahan lama.

3. Whipping cream (krim kocok)

 

Krim kocok berbentuk cair, kandungan lemaknya 30-35%. Meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, bisa dikocok sampai mengental.

4. Sour cream (krim asam)

 

Krim kue encer yang difermentasikan. Rasanya asam gurih. Dicampurkan ke dalam masakan seperti sup atau saus. Cara membuat krim kue ini, 250 ml krim cair yang dikocok dengan 1 sendok teh air jeruk nipis atau cuka. Campurkan 250 ml krim cair lagi. Diamkan selama 24 jam di tempat sejuk, lalu simpan 24 jam dalam lemari es.

5. Cream cheese

Berbentuk padat seperti keju lunak yang memiliki rasa sedikit asam, berasal dari susu sapi yang diperkaya dengan krim. Bagaimana cara membuat cream cheese? Cream cheese merupakan keju segar yang tidak melalui proses penyimpanan lama. Kandungan lemak cream cheese cukup tinggi yaitu 45%, double cream cheese 60%, dan triple cream cheese 75%. Keju ini sangat nikmat digunakan sebagai bahan tambahan untuk dessert, seperti cheese cake, filling pie atau dimakan bersama buah-buahan. Dipasaran cream cheese tersedia dalam berbagai rasa dan aroma, seperti aroma bawang putih, rasa lebih spicy, dll.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar