Orang Indonesia, Biasa Buka Puasa dengan Gorengan

Admin Sukamasak

Meja makan terasa kurang lengkap jika tidak tersaji gorengan, baik itu ayam, tempe, tahu, atau kentang goreng. Tidak hanya sebagai camilan, berbagai gorengan juga sudah jadi santapan sehari-hari orang Indonesia, tidak terkecuali di bulan puasa.

Memang makanan yang digoreng memiliki rasa yang lebih enak, tapi cara memasaknya yang salah dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Yuk bikin gorengan lebih sehat dengan cara-cara berikut ini.

Gunakan Minyak Goreng yang Sehat

Gunakan minyak goreng yang sehat untuk menghindari rasa masakan yang berubah tidak enak dan menjaga kandungan nutrisi makanan. Hindari proses penggorengan berkali-kali yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Gunakan Filma Signature untuk mendapatkan gorengan yang lezat dan lebih sehat. Perpaduan minyak kelapa sawit non kolesterol dan olive oil memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain tinggi asam lemak tak jenuh, juga mengandung Beta Karoten alami, vitamin D yang baik bagi tulang, dan vitamin E sebagai antioksidan alami.

Buat Adonan Tepung yang Lebih Sehat

Tepung terigu serba guna sering digunakan dalam membuat gorengan karena teksturnya yang lengket dan menjaga teksturnya tetap utuh. Sayangnya, kandungan gluten di dalamnya dapat menyerap cukup banyak minyak, sehingga dapat mempengaruhi rasa dan tentunya kesehatan tubuhmu.

Jika tidak bisa mengalahkan keinginan untuk memakan gorengan, Anda bisa mengganti tepung ke alternatif yang lebih sehat. Mulai dari tepung beras, tepung jagung, bahkan tepung oatmeal yang membuat teksturnya lebih renyah.

Tambahkan Baking Soda

Untuk mengurangi penyerapan minyak, coba tambahkan baking soda atau air berkarbonasi dalam adonan tepung. Cara ini melepaskan gelembung-gelembung gas saat digoreng sehingga hasil gorengan tidak terlalu berminyak. Selain itu, rasa gorengan pun semakin renyah dan sedap.

Menjaga Suhu Minyak

Inilah pentingnya memanaskan minyak sebelum menggoreng, untuk menghemat waktu memasak dan mengurangi banyaknya minyak yang terserap oleh gorengan. Tapi sebaiknya jaga juga agar minyak tidak terlalu panas, karena gorengan semakin cepat gosong.

Jika gorengan merupakan makanan favorit untuk mengisi menu buka puasa, coba buat lebih sehat dengan kiat-kiat mudah ini.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar