Ingin Membuat Makanan dengan Olahan Ikan? Yuk Pilih Ikan dengan Ciri-Ciri di Bawah Ini!

Admin Sukamasak

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi cukup lengkap sehingga sangat direkomendasikan sebagai hidangan keluarga. Ikan juga dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menarik dan tak biasa, seperti siomay, fillet, nugget, dan lain sebagainya. Namun, agar hasil olahan ikan Anda menjadi sempurna, tentunya Anda harus memperhatikan kualitas ikan itu sendiri. Kira-kira seperti apa saja ciri-ciri ikan yang baik dan layak untuk Anda konsumsi bersama seluruh anggota keluarga? Simak penjelasannya di bawah, ya!

1. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas
Kulit dan sisik ikan merupakan faktor penting saat memilih ikan yang berkualitas. Warna dari sisik dan kulit ikan yang baik umumnya mengkilap dan tidak pucat. Selain itu, ikan yang berkualitas baik rata-rata memiliki sisik yang utuh.

2. Insang berwarna merah
Jika Anda melihat insang dari ikan yang segar, biasanya warnanya cenderung kemerahan. Berbeda dengan ikan yang tidak segar, di mana warnanya lebih pucat. Insang merupakan alat pernapasan pada ikan yang bersanding dengan kepala ikan tersebut. Insang yang masih merah menunjukkan bahwa ikan tersebut belum terlalu lama disimpan sehingga masih segar

3. Daging ikan bila ditekan terasa kenyal
Daging ikan yang masih segar umumnya lebih kenyal saat disentuh. Sebaliknya, daging ikan yang terlalu lama disimpan akan berubah menjadi keras dan alot, sehingga akan mempersulit proses memasak.

4. Tidak berbau busuk
Ketika membeli ikan di pasaran, jangan malu untuk mencium aroma ikan tersebut. Ikan yang segar memiliki aroma yang cenderung amis dan sedikit asam. Sementara itu, ikan yang tidak segar aromanya mulai berubah menjadi busuk dan kurang sedap.

Ternyata, dibutuhkan kejelian khusus saat memilih ikan yang berkualitas, ya. Dengan menggunakan ikan yang berkualitas, Anda dapat menyajikan nugget ikan yang lezat dan bergizi untuk seluruh keluarga. Jangan lupa juga untuk menggunakan minyak goreng dari Kunci Mas agar hasil masakan Anda selalu sempurna.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar