Jadikan Hasil Masakan Anda Lebih Sedap dengan Bumbu-Bumbu Dapur Esensial

Admin Sukamasak

Resep masakan yang praktis, mudah, dan hanya menggunakan bumbu sederhana selalu menjadi idaman. Siapa sih yang tidak ingin mewujudkan sepiring lauk lezat yang mungkin hanya memerlukan maksimal lima jenis bumbu saja untuk memasaknya? Meski demikan, bukan berarti Anda bisa membuatnya begitu saja jika tak mengenal lebih dekat bumbu-bumbu dapur yang esensial? Namun, apa saja bumbu dapur esensial yang wajib Anda miliki di rumah?

  • Bawang Putih

Siapa yang tidak mengenal umbi bawang putih? Aromanya yang kuat dan khas mampu memberikan rasa lezat di masakan. Dalam penggunaan umumnya bawang putih dihaluskan, dicincang, dipipihkan atau dibiarkan utuh di dalam masakan. Untuk menghasilkan aroma terbaik di dalam tumisan, bawang putih dapat dicincang atau dihaluskan pada minyak panas hingga tercium aroma harum.

  • Bawang Merah

Bawang merah atau biasanya di kuliner Western disebut dengan shallot berbeda dengan bawang bombay yang berukuran besar, namun dalam penggunaannya bisa saling menggantikan karena memberikan efek yang hampir sama walau bawang merah memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat.

Dalam masakan maka bawang merah biasanya diiris tipis dan ditumis, atau digoreng kering sebagai taburan untuk memberikan rasa sedap di hidangan. Anda dapat menaruhnya pada hidangan berkuah atau bisa juga dimakan segar bersanding dengan kol dan cabai rawit, seperti pada masakan sate kambing.

  • Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki kesamaan dengan bawang merah, hanya saja bawang yang satu ini memiliki ukuran yang besar. Aroma dan rasanya yang tidak terlalu kuat sebagaimana bawang merah membuatnya lebih luas digunakan di dalam aneka masakan di dunia. Hindari menyimpan bawang di dalam kulkas karena aromanya yang kuat akan mempengaruhi bahan makanan lain di dalam kulkas anda.

  • Cabai

Siapa yang tidak mengenal cabai? Bumbu dapur yang satu ini wajib hadir di kuliner Indonesia. Rasanya yang pedas karena kandungan senyawa capsaicin di dalamnya membuat cabai menjadi salah satu bumbu dapur terfavorit di beberapa negara.

Cabai segar umumnya mudah sekali kehilangan kesegarannya dan busuk, karena itu simpan cabai segar di dalam kulkas menggunakan wadah yang berlubang atau bungkusan kertas sehingga tetap kering dan tidak lembab. Atau jika anda ingin masa simpan yang lama maka membekukannya di dalam freezer merupakan cara lain yang bisa dilakukan.

  • Merica

Merica atau lada adalah tanaman yang memiliki biji yang kaya akan kandungan kimia. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat dan antiseptik. Ada dua jenis lada yang umum digunakan sebagai bumbu dapur yaitu lada putih dan lada hitam, keduanya sebenarnya sama yang membuatnya berbeda adalah proses pembuatannya.

Lada hitam dibuat dengan memanen lada saat masih hijau (muda), menjemurnya hingga kering dan hitam. Sedangkan lada putih berasal dari buah masak yang diproses dengan merendamnya di dalam air hingga kulitnya terkelupas dan dijemur hingga kering. Lada hitam memiliki aroma dan rasa yang lebih menyengat. Umumnya lada atau merica disimpan dalam bentuk butiran atau bubuk, dan digunakan hampir di setiap hidangan terutama hidangan berkuah seperti sup, soto, atau gulai.

Kini, Anda dapat memilih bumbu yang tepat untuk menyajikan hidangan terbaik. Kombinasikan bumbu-bumbu tersebut dengan pengolahan bahan yang tepat agar cita rasa masakan Anda selalu lezat. Saat mengolah makanan dengan cara menggoreng, misalnya, pilih minyak goreng yang berkualitas seperti Kunci Mas sebagai pilihan terbaik saat memasak. Menyajikan hidangan lezat kini menjadi mudah bersama bumbu dapur esensial dan Kunci Mas!

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar