Jalan-Jalan di Banyuwangi? Jangan Lupa Cicipi Berbagai Kuliner Unik di Bawah Ini!

Admin Sukamasak

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang kerap menjadi perbincangan selama beberapa tahun terakhir. Selain karena banyaknya obyek wisata baru yang sayang untuk dilewatkan, kuliner kota satu ini juga memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan daerah lain. Jadi, jika Anda sedang berada di Banyuwangi atau berencana mengunjungi kota ini dalam waktu dekat, yuk pastikan Anda mencatat beberapa daftar kuliner di bawah ini untuk Anda cicipi!

1. Rujak Soto
Salah satu keunikan kuliner khas Banyuwangi adalah menggabungkan dua jenis masakan yang berbeda cita rasa menjadi satu, contohnya adalah Rujak Soto. Namun, rujak di sini merujuk pada salah satu makanan khas daerah Jawa Timur, yakni rujak cingur. Sepintas hidangan ini terlihat seperti akulturasi kuliner dari Surabaya dan Madura. Rujak pada menu Rujak Soto Banyuwangi terdiri dari berbagai sayuran yang direbus, seperti kangkung dan taoge, lalu diulek bersama kacang, gula merah, dan petis. Petis menjadi kunci enak-tidaknya rujak. Rujak yang sudah jadi kemudian ditempatkan di dalam mangkuk yang berisi potongan lontong. Setelah itu disiram kuah soto babat yang masih panas. Sotonya mirip dengan soto Madura yang kuahnya berwarna kuning bening. Perpaduan unik ini mungkin cukup asing bagi Anda yang pertama kali mencobanya. Namun, perpaduan cita rasa kuah yang gurih dengan aroma petis serta renyahnya sayuran dan kenyalnya babat justru membuat kuliner satu ini memiliki tekstur dan cita rasa yang nikmat.

2. Pecel Rawon
Satu lagi menu kombinasi dari dua makanan yang berbeda adalah pecel rawon. Sesuai namanya, ada satu porsi pecel yang ditambah dengan kuah rawong lengkap dengan daging empalnya. Tentu saja kamu bisa menyantap sayur-sayuran yang umumnya ada dalam menu pecel. Bumbu kacang dan kuah hitam ternyata mampu menjadi kesatuan yang serasi di lidah. Kuah rawon kaya dengan rasa rempah dan kaldu. Rasa manis yang biasanya ada di kuah rawon tidak terasa dominan. Hal inilah yang justru membuat paduan pecel dan kuah rawon menjadi pas karena sebagian rasa manis sudah didapatkan dari guyuran sambal pecel. Makanan ini mudah didapati mulai dari restoran hingga warung-warung kaki lima.

3. Sup Kesrut
Satu lagi makanan khas Banyuwangi yang cukup unik yaitu Sup Kesrut. Nama makanan ini mungkin asing ditelinga orang yang bukan orang Banyuwangi asli, sebab Kuliner khas Banyuwangi yang satu ini sudah cukup langka untuk ditemukan. Sup Kesrut adalah sup ayam yang berkaldu sangat kental dengan rasa pedas yang sangat ”hot“. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi dan ayam kampung goreng, dan sambal tempong. Diberi nama ”Kesrut“, karena setiap orang yang mencicipi makanan langka dari suku Using ini akan ” esrut-kesrutan“ untuk menahan ingus yang ingin keluar yang disebabkan oleh rasa pedas dari makanan ini

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba berbagai makanan khas Banyuwangi di atas? Jika Anda sedang berada di Jawa Timur, tak ada salahnya mencicipi berbagai hidangan tersebut untuk memperkaya pengalaman kuliner Anda. Agar lebih nikmat, jangan lupa juga untuk menambahkan Kecap Sate supaya cita rasa makanan Anda lebih sempurna.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar