Kenali Berbagai Jenis Kecap dan Fungsinya di Sini, Yuk!

Admin Sukamasak

Kecap merupakan salah satu bumbu khas sering disajikan sebagai pelengkap makanan. Dengan membubuhkan kecap pada makanan, cita rasanya pun menjadi lebih nikmat dan sedap. Beberapa jenis kecap, seperti kecap manis dan kecap asin misalnya, tentu sering Anda gunakan untuk menyempurnakan hasil masakan Anda. Namun, tahukah Anda terdapat beberapa jenis kecap lain yang juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda? Penasaran apa saja? Yuk kita bahas satu-persatu!

1. Kecap Manis
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis kecap yang satu ini. Kecap manis adalah kecap asli Nusantara yang kerap kita temui sebagai penambah cita rasa dalam berbagai masakan lokal, mulai dari nasi goreng, ayam kecap, hingga semur. Bahkan, nggak sedikit pula yang menambahkannya pada sajian soto, bakso, dan mie ayam.
Kecap manis dibuat dari fermentasi kedelai hitam yang dicampur dengan aneka rempah. Itulah kenapa warnanya hitam pekat dan teksturnya kental. Ada juga produsen yang menambahkannya denngan bahan cabai menjadi kecap pedas.

2. Kecap Asin
Meski sama-sama berbahan dasar kedelai hitam, tekstur, rasa, dan fungsi kecap asin jelas jauh berbeda dengan kecap manis. Selain memiliki kandungan garam yang lebih banyak, teksturnya pun lebih encer. Kecap asin kerap digunakan sebagai pengganti garam dapur. Biasanya, kecap yang satu juga dimanfaatkan untuk berbagai sajian masakan Cina.

3. Kecap Ikan
Kecap ikan juga memiliki cita rasa asin. Tapi, berbeda dengan kecap asin, kecap ini menggunakan ikan yang difermentasi sebagai bahan dasarnya. Kecap ikan dibuat dengan cara menggarami ikan dan membiarkannya berfermentasi di dalam wadah tertutup selama beberapa bulan. Tak cuma rasa asin, Anda juga bisa merasakan aroma ikan jika menggunakan kecap ini. Tak heran kalau kecap ikan ini seringkali digunakan dalam aneka masakan laut, masakan Jepang, maupun berbagai tumisan.

4. Kecap Inggris
Dikenal juga dengan nama worcestershire sauce atau worcester sauce, kecap Inggris terbuat dari berbagai campuran seperti cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, cengkeh, dan aneka bawang. Rasanya sedikit asin dan umumnya digunakan pada aneka bistik, sapi lada hitam, hingga ayam goreng mentega.

5. Kecap Jepang
Kecap Jepang atau shoyu juga merupakan hasil fermentasi kedelai dengan rasa yang sedikit asin dan gurih. Umumnya, ada dua jenis shoyu yang bisa kamu temui di supermarket, yaitu koikuchi yang lebih pekat dengan aroma yang kuat, serta usukuchi yang lebih encer dan ringan. Shoyu biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap maupun bahan perendam untuk aneka masakan Jepang.

Tak hanya kecap manis dan asin, kini Anda pun mengenal berbagai jenis kecap lain seperti kecap Jepang, kecap Ikan, dan Kecap Inggris. Dengan mengenal berbagai kecap dan kegunannya, tentunya hasil masakan Anda pun menjadi semakin sempurna. Jangan lupa juga untuk selalu memilih kecap dengan kualitas terbaik seperti Kecap Sate agar hidangan Anda lebih sedap, harum, dan menggugah selera.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar