bahan:1/2 butir nangka mudasantan 400 ml10 butir telurdirebus,retakkan kulitnya2 lembar daun salam2 iris lengkuas2 buah gula merah besar1 sdm asam Jawa3 teh celupkulit bawang merah,atau daun jati dipotong-potong besar500 ml airBumbu halus:10 butir bawang merah5 siung bawang putih3 sdm ketumbargaram secukupnyaHaluskan dengan ulekan/ blenderCara membuat:Letakan telur rebus yang telah diretakkan kulitnya di bagian paling bawah panci presto. Kemudian nangka mentah.Masukan gula merah, kulit bawang merah, lengkuas, asam Jawa, daun salam, teh celup dan bumbu halus tambahkan air.Rebus selama 15 menit,matikan apinya,tunggu sampai uap dalam panci presto habis,baru dibuka.Telur sudah boleh diambil dan kupas,maka akan didapatkan motif batik yang cantik di permukaan telur. rebus kembali nangka sembari tambahkan santan.Masak dengan api sedang, ambil teh celupnya. Ketika air sudah berkurang, kecilkan api dan terus dimasak sampai air tinggal sedikit.tanpa panci presto juga tak masalah,hanya waktu memasaknya membutuhkan waktu yang lebih lama.SAMBAL GORENG KRECEKBahan :- 150 gr kerecek goreng ( kerupuk kulit)- 100 gr kacang tolo, rebus setengah matang, tiriskan- 4 lembar daun salam- 800 ml santan- 15 cabe rawit utuhBumbu halus :- 8 buah cabe merah- 10 butir bawang merah- 5 siung bawang putih- 1 sdt terasi bakar- 1 cm lengkuas, memarkan- 1 sdm asam jawa- Garam secukupnya- Gula pasir secukupnyaCara membuatnya :Tumis bumbu halus beserta daun salam hingga harum.Tuangkan santan sedikit demi sedikit, sampai mendidih.Masukan krecek dan kacang tolo, cabe rawit utuh. Aduk perlahan sampai kuah mengental dan kacang tolo lunak.Opor ayamBahan:1 ekor ayam, potong-potong800 ml santan encer300 ml santan kentalGaram & gula pasir secukupnya2 sdm air asam1 batang serai, memarkan4 lembar daun jeruk2 lembar daun salamBumbu halus:7 butir bawang merah, tumis4 siung bawang putih, tumis2 sdt ketumbar sangrai½ sdt jintan½ sdt merica bubuk½ sdt pala bubuk4 butir kemiri sangrai2 ruas jari jaheCara membuat :1. Didihkan santan encer, masukin ayam,dan herbs.2. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukin ke rebusan ayam.3. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk biar gak pecah.Tambahin garam dan gula.4. Setelah ayam empuk dan kuah berkurang, masukin santan kental. Didihkan lagi 10 menit sambil terus diaduk.5. Angkat dan sajikan dengan nasi ato ketupat, plus taburan bawang goreng.6. Tips: Kalo pake ayam ras, abis dipotong2 lumuri air jeruk n diemin 30 menit, bilas dan kukus dulu 15 menit. Kaldunya dibuang aja karena ayam ras kalo dibikin opor rada anyir & makin lama kuahnya makin kental seperti agar2.

Hahay \(^_^)/ akhirnya bisa juga bikin gudeg! Suka bgt gudeg,tp seumur hidup blm pernah bikin sendiri.tak sesulit yg saya bayangkan,memberdayakan panci presto mempersingkat prosesnya.btw..telurku cantik yah,motifnya bisa batik gituh? :)Untuk warna hitam, karena tidak ada daun jati, maka saya pakai teh celup. Gula merah,kulit bawang merah, dan asam jawa dalam resep gudeg ini juga membantu membuat gudeg berwarna gelap.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang resep di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Tuppy Corner

Wah..mantap resepnya komplitnya sekali..plus tips2 pula....mmg aq penggemar nangka gudeg tp ngga bisa bikinnya..TFS yaah

May 20, 2011

Novita Lunov

berarti kulit bawangnya di mkan juga ya??????????????????????

August 01, 2011

Arina Rohmatika

tq resepnya!...siap dicoba! semoga bisa sukses....btw, batik telurnyalucu bgt...^_^

August 12, 2011