Tips Membuat Kue Kering

image/old/article/2014/08/010_mix_cookies_-_copy.jpg

Dalam setiap perayaan Hari Raya, kue kering selalu menjadi hidangan wajib yang harus di sediakan. Selain bentuknya yang semakin variatif. Rasanya pun semakin inovatif.  Di kebanyakan orang aneka resep kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju dan lainnya adalah yang paling banyak di minati. Bentuknya yang sederhana dan bahannya yang tahan lama membuat orang memilih kue kering sebagai hidangan Hari Raya atau bingkisan parsel pada perayaan special lainnya.

Membuat kue kering itu memang susah-susah gampang! Asalkan kita tau caranya dan tekun selama proses pembuatannya, kue kering yang renyah pasti bisa kita dapatkan. Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal, ayo perhatikan beberapa tips berikut ini!

  1. Gunakan tepung terigu berprotein rendah. Jangan lupa sangrai atau jemur tepung terigu hingga kering karena kelembaban tepung mempengaruhi kerenyahan kue.
  2. Jangan terlalu lama saat mengaduk mentega, cukup hingga semua bahan tercampur rata. Karena jika terlalu lama, adonan akan menjadi lembek dan saat matang akan melebar.
  3. Agar kue kering agak empuk, sebaiknya gunakan kuning telur saja. Putih telurnya dapat digunakan untuk olesan di permukaan kue supaya terlihat mengkilap.
  4. Saat menguleni adonan, sebaiknya gunakan sendok kayu dan jangan terlalu lama. Hal ini penting supaya kue tidak keras nantinya. Nah, jika adonan terlalu lembek, jangan tambahkan tepung, tetapi bungkuslah dengan plastik dan diamkan di kulkas selama 1-2 jam. Fungsinya supaya adonan dapat mengeras sehingga bisa dicetak.
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega. Pastikan jarak kue di loyang cukup, supaya kue dapat mengembang dan tidak menempel di kue yang berada sampingnya.
  6. Panggang kue di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Atur oven dengan panas sedang. Pastikan suhu oven sesuai dengan resep kue kering yang sedang Anda buat. Panas yang tidak merata dan temperatur yang tidak sesuai dapat membuat kue menjadi kering di bagian luarnya saja.
  7. Agar bagian bawah kue tidak lembab nantinya, setelah matang, dinginkan dulu beberapa saat sebelum dipindah ke nampan yang sudah dialasi kertas.
  8. Jika Anda ingin menghias kue dengan icing atau cokelat siram, lakukanlah saat kue sudah dingin, sehingga icing dapat melekat dengan baik.

Jika Anda sudah berhasil membuatnya, masukkan kue kering kreasi Anda ke dalam toples atau wadah yang menarik dan sajikan sebagai bingkisan atau hidangan bagi keluarga saat Hari Raya atau hari special lainnya. Selamat mencoba para Penyuka Masak!

 

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Luciana

"Terima kasih tipsnya "