Bahan Pengembang Kue Serta Kegunaannya

f4.1.jpg

Ternyata enggak sedikit para Moms yang masih bingung dan tertukar dengan kegunaan pengembang kue.

Sebaiknya Moms mencari tahu dulu nih jenis bahan pengembang dan fungsinya agar tidak salah penggunaan dan membuat kue buatan Moms jadi gagal. Nih untuk yang masih bingung jenis dan perbedaannya, cek ya Moms!

1. Ragi

Terdapat dua jenis ragi yang bisa digunakan, yaitu ragi basah dan kering. Ragi kering berbentuk butiran-butiran kecil agak kasar dan berwarna coklat terang, kalau ragi basah memiliki tekstur halus, padat, dan berbentuk balok atau kubus kecil yang terbungkus aluminium.

Ragi sebenarnya bisa untuk membuat masakan lain Moms, seperti Kombucha serta Kefir, tapi kegunaan utamanya tetap untuk membuat roti. Rasio penggunaannya sekitar 2.5% dari takaran tepung, namun jumlah pemakaian ragi basah harus dua kali lipat dari ragi kering agar hasilnya sama persis ya.

2. Baking powder

Baking powder akan bekerja secara maksimal jika digunakan untuk membuat jenis kue kering yang tidak mengandung bahan-bahan bersifat asam seperti perasan air lemon, yoghurt, buttermilk, dan sour cream. Terdapat dua jenis baking powder yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder. Jika Moms menggunakan single-acting baking powder, adonan yang dibuat harus segera dipanggang atau dikukus setelah dicampurkan dengan bahan lain karena adonan akan cepat bereaksi. Sementara itu, jika Moms menggunakan double-acting baking powder, adonan akan bereaksi dalam dua tahap dan dapat bertahan untuk beberapa saat.

3. Baking soda

Baking soda umumnya digunakan jika Moms ingin membuat kue kering seperti cookies mentega dan chocolate chips, atau cake seperti molten lava dan red velvet cake—pokoknya kue apapun yang dikukus atau dipanggang. Adonan yang memakai baking soda bisa juga dicampur dengan bahan-bahan yang bersifat asam, seperti yoghurt, susu, sour cream, dan perasan air lemon.

4. Krim tartar

Krim tartar adalah salah satu bahan pengembang sekaligus pelembut kue karena bisa mengeluarkan gas CO2 di dalam adonan agar lebih mengembang. Krim ini juga bisa dicampur ke dalam kocokan putih telur agar adonan yang dihasilkan tidak gampang kempes lho, Moms. Caranya, kocok dulu 5 butir putih telur hingga mengembang, masukkan ½ sdt krim tartar, lalu kocok lagi hingga putih telur menjadi kaku.

Kue-kue yang menggunakan bahan krim tartar juga bervariasi. Moms bisa memakainya untuk membuat kue bolu biasa sebagai pengganti baking soda, atau kue-kue lain seperti pound cake, chiffon cake, cheesecake, cake roll, atau cupcake.

Jadi sekarang sudah tau kan Moms apa saja bahan pengembang yang cocok untuk kue yang mau dibuat? Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.