Membuat Kuah Kaldu yang Lezat dan Bening

ag1.1.png

Membuat kuah kaldu yang lezat dan jernih kedengarannya mudah dan praktis ya Moms, tapi sebenarnya membuat kuah kaldu yang lezat tidak bisa sembarangan dan tidak semudah yang dibayangkan lho.

Jika ingin mendapatkan kuah kaldu dengan hasil yang maksimal, pemilihan bahan dan proses memasaknya harus benar. Supaya warnanya bening dan rasanya nikmat, yuk coba cara dibawah ini

1.Pilih bahan yang tepat

Cara membuat kuah kaldu ayam yang nikmat tentunya harus menggunakan bagian dari daging ayam yang tepat. Biasanya bagian ayam yang cocok untuk dijadikan bahan pembuatan kaldu adalah sayap dan ceker. Kalau tidak suka ceker, Moms bisa menggantinya dengan bagian paha atas karena mampu membuat kuah kaldu dengan rasa yang lezat dan juga pekat gurihnya. Tapi jangan sampai salah memilih bahan ya Moms, karena daging paha atas ayam dan paha bawah punya rasa dan kandungan yang berbeda. Daging paha ayam bagian atas lebih banyak mengandung kaldu, sedangkan paha ayam bagian bawah lebih banyak mengandung lemak. Oh iya moms, hasilnya akan lebih nikmat lagi jika menggunakan ayam kampung ya.

2. Teknik Merebus yang benar

 

Jika ingin mendapatkan air rebusan kaldu yang bening, Moms harus melakukan dua kali proses perebusan. Pertama-tama rebus air hingga mendidih lalu masukan satu persatu potongan ayam karena memasukkan ayam saat air belum benar-benar mendidih akan membuat hasilnya menjadi keruh. Rebusan pertama bertujuan untuk membersihkan semua kotoran yang ada pada tulang ayam agar terangkat. Setelah itu, saring terlebih dahulu kemudian masak kembali air rebusan tersebut dengan menambahkan tambahan bumbu rempah, seperti bawang putih, lada, bawang bombay, daun bawang, seledri dan jahe agar tidak berbau amis.

3. Cara memasak dan penyimpanan kaldu

Poin yang paling penting ada pada cara saat memasak air kaldu. Masak menggunakan api yang kecil selama 1-2 jam agar sari dagingnya dapat keluar seluruhnya, lalu rebus dengan panci yang tertutup rapat sehingga kaldu yang dihasilkan memiliki kekentalan yang pas sesuai harapan. Nah jika kaldu sudah matang, segera saring kaldu dan simpan di dalam wadah yang kedap udara, kalau ingin kaldu bertahan lama, Moms bisa menyimpannya di dalam freezer.

Ternyata gampang kan membuat kuah kaldu yang bening dan lezat? Dengan menggunakan cara mudah di atas dijamin kuah kaldu buatan Moms jadi lebih nikmat. Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.