Tips Kulit Lumpia Tidak Sobek Ketika Dimasak

ag2.1j.png

Memasak dengan bahan dasar menggunakan kulit lumpia seringkali tidak semulus dan semudah yang diharapkan ya Moms

Kebanyakan kulit lumpia yang dijual di pasaran mempunyai tekstur yang sangat tipis sehingga mudah sobek jika tidak hati-hati dalam mengolahnya. Untuk itu, penting banget untuk tahu cara mengolah kulit lumpia yang benar, agar ketika dimasak, kulit lumpia tidak sobek dan membuat isiannya jadi berantakan. Nah ini dia tipsnya!

1.Isian lumpia jangan basah dan berminyak

Ketika membuat bahan isian lumpia, pastikan tumisan yang Moms buat tidak terlalu basah dan berminyak karena bisa membuat kulit lumpia jadi lembek, mudah sobek dan tidak renyah. Isian untuk kulit lumpia juga tidak perlu banyak-banyak mengingat kulit lumpia itu tipis dan mudah sobek. Namun jika Moms mau membuat lumpia dengan isian yang melimpah, pastikan untuk menggunakan kulit lumpia sebanyak 2 lembar untuk menggulungnya.

2.Gulung isian dengan baik

 

Menggulung isiannya juga enggak mudah ternyata Moms, jadi harus hati-hati ya. Langkah pertama yang aman adalah dengan memadatkan isian dengan kulit lumpia, lalu rekatkan dengan mengoles putih telur di seluruh sisi yang akan direkatkan. Selain menggunakan putih telur untuk perekat, Moms juga bisa menggunakan air yang dicampur dengan tepung terigu, lalu oles secukupnya sampai kulit lumpia merekat sempurna. Setelah dioles, diamkan dulu selama 10-15 menit sampai semua sisinya benar-benar merekat baru bisa digoreng. Tapi awas Moms,  kulitnya mudah terlepas dan sobek bila lumpianya langsung digoreng setelah dilipat, jadi simpan dulu di kulkas agar kulitnya makin kuat dan isiannya tidak berantakan saat dimasak.

3.Gunakan alat penggorengan yang tepat

Wadah yang digunakan untuk memasak lumpia juga jadi salah satu faktor yang penting juga lho. Sebaiknya Moms menggunakan wajan atau frying pan anti lengket agar lumpia tidak menempel pada dinding wajan yang membuat kulitnya menjadi sobek. Kalau menggunakan wajan yang lengket kulit lumpia akan susah dibalik dan malah menempel di dasar wajan. Selain itu, membalik lumpia harus ekstra hati-hati dan tidak boleh terlalu sering dibolak-balik nih Moms agar lumpia tidak hancur. Tunggu hingga warnanya kuning keemasan dan cukup renyah baru balik sisi sebelahnya.

4.Goreng lumpia hingga terendam

Pastikan juga menggunakan minyak dalam jumlah yang agak banyak dengan api sedang saat menggoreng sampai lumpianya terendam sempurna di dalam minyak. Jangan lupa gunakan Minyak Filma untuk menggoreng supaya warnanya jadi menarik. Setelah lumpia matang, langsung angkat dan tiriskan lumpia menggunakan kertas peniris atau tissue.

Lumpia yang bentuknya cantik dan menarik pastinya bisa membuat selera makan jadi bertambah ya Moms. Hidangkan dengan saus sambal agar lumpia buatan Moms makin nikmat. Selamat mencoba!

 

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.